Tips Budidaya Ayam Kalkun Untuk Pembibitan atau Potong






ayam kalkun, unggas, ternak ayam
Untuk pemilihan bibit kalkun yang berkwalitas, belilah pada penyedia bibit yang berpengalaman. Tanyakan kondisinya, jenis pakannya, serta pola makannya.

Pemilihan Lokasi Peternakan Ayam Kalkun
Lakukan survey tempat untuk lokasi peternakan ayam kalkun anda. Carilah tempat yang aman, nyaman, dan mudah dijangkau untuk distribusi. Lokasi juga harus aman dari gangguan manusia, binatang buas, dan bencana alam.
Dan akan lebih menguntungkan bila anda bisa bekerja sama dengan perusahaan catering atau rumah makan. Anda bisa meminta atau membeli dengan harga murah sisa-sisa makanan yang bisanya dibuang dan menawarkan agar menyediakan menĂº daging kalkun sehingga anda tidak epot mencari pembeli.

Sistem Perkandangan Ayam Kalkun
Ukuran kandang ayam kalkun harus sesuai dengan kondisi dan pola hidup mereka. Usahakan memiliki ruang-ruang untuk aktifitas mereka seperti istirahat, bermain-main, dan aktifitas lainnya seperti tempat makan khusus yang selalu terjaga kebersihannya. Jika memungkinkan, arahkan posisi kandang kearah timur agar sinar matahari pagi bisa masuk ke dalam kandang.

Gunakan kulit padi sebagai alas lantai agar kandang selalu kering. Kandang harus mudah dibersihkan, atau gunakan lantai plester/semen.

Pisahkan ayam kalkun sesuai umur agar tidak berkelahi. Jika ada jenis ayam-ayam yang nakal, sebaiknya pisahkan dari yang lain. Pastikan tempat bertelur dan mengeram aman dari gangguan ayam yang lain dan atur posisi tempat bertelur untuk memudahkan Anda memeriksa perkembangan telur tanpa mengganggu ayam yang sedang mengeram.

Pemberian Makan Ayam Kalkun
Kalkun anakan dan dewasa memiliki porsi yang berbeda. Berikan makan sesuai kondisi dan umur ayam kalkun. Dimasa pertumbuhan biasanya makhluk hidup membutuhkan gizi dan nutrisi yang lebih tinggi biasanya di toko-toko perternakan telah disediakan jenis-jenis pakan ayam sesuai umur dengan kode BR1, BR2, dan lain-lain yang dalam komposisi pembuatan pakan ini memiliki komposisi bahan yang berbeda-beda.

Atur jadwal makan dan sediakan pakan sesuai kebutuhan jangan sampai ada sisa makanan yang dapat menimbulkan penyakit. Atur posisi makan mereka agar tidak berebutan dan jaga agar makanan tidak banyak tercecer. Atur tempat minum agak jauh dari tempat makan agar selalu bersih.

Perawatan Kesehatan Ayam Kalkun
Pantau terus perkembangan kesehatan kalkun. Berikan vaksinasi bila perlu, berikan suplement agar terhindari dari gangguan penyakit, natural suplement lebih baik untuk menjaga kesehatan mereka.


__________________________________________________________________ __________________________________________________________________
Tips Budidaya Ayam Kalkun Untuk Pembibitan atau Potong Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mistersunlearnto Writewellforever