Perawatan Kura-kura






Hobi memelihara kura-kura?

Agar kura-kura anda selalu sehat, pastikan kura-kura memiliki ruang yang cukup untuk hidup, mendapat cukup cahaya, kelembabannya terjaga, tersedia air bersih dan lampu berjemur, serta tersedia tempat untuk berjemur di panas matahari.

Temperatur yang ideal untuk habitat penyu tergantung pada jenisnya, seperti kura-kura darat dapat mempertahankan panas tubuh lebih lama daripada kura-kura akuatik.

Kura-kura adalah hewan berdarah dingin dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Dari itu, jangan terlalu sering mengambil kura-kura keluar dari tempat pemeliharaan. Perubahan suhu yang tiba tiba dapat mempengaruhi sistem kekebalan reptil. Dan jangan lupa selalu cuci tangan setelah memegang kura-kura untuk menghindari kontaminasi meskipun tidak semua kura-kura membawa salmonella

Pada kura kura akuatik sebaiknya gunakan mata air alami untuk air minum kura-kura dan de-diklorinasi air untuk area berenang. Hindari menggunakan air keran karena mengandung senyawa seperti klorin dan fluoride yang dapat mengganggu keseimbangan ph. Anda juga bisa mengurangi kadar klorin dalam air dengan membiarkannya terlebih dahulu selama 24 jam sebelum digunakan. Ada juga yang berpendapat bahwa menggunakan air diklorinasi membantu mencegah pembentukan bakteri mematikan.

Usahakan kandang terhindar dari kontaminasi jamur. Untuk itu, hindari menggunakan kulit kayu atau serpihan kayu di sangkar tempat tinggal kura-kura karena kulit kayu dapat menimbulkan masalah dengan kura-kura,  selain itu mungkin saja terterlan.

Tempatkan kandang di sebuah ruangan yang pencahayaannya tidak berubah terlalu sering. Umumnya kura-kura membutuhkan 12 jam sinar matahari. Penggunaan lampu UV cukup membantu kura-kura mendapatkan jumlah vitamin D3.

Secara alamiyah, kura-kura suka bersembunyi, untuk itu, sediakan tempat persembunyian sederhana untuk beristirahat ketika bosan berada di tempat terbuka. Gunakan media yang tidak beracun dan berbahaya seperti batu alam.

Jika ingin menambahkan vegetasi untuk aquarium, pastikan tanaman tersebut tidak beracun, karena mungkin saja kura-kura mencoba untuk memakannya.


__________________________________________________________________ __________________________________________________________________
Perawatan Kura-kura Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mistersunlearnto Writewellforever