Sedikit Tips Budidaya Lele Dumbo di Kolam Terpal






lele dumbo, kolam terpal, budidaya lele,
Jenis lele dumbo merupakan jenis yang paling diminati. Jadi, peluang usaha budidaya lele masih terbuka lebar, baik untuk pembibitan atau konsumsi. Budi daya untuk pembibitan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bibit yang terus meningkat seiring dengan permintaan Ikan Lele Dumbo Konsumsi. Budi daya untuk konsumsi, pemeliharaan biasanya dilakukan mulai berat 1 ons per ekor sampai 1 kg per ekor.

Ukuran Lele Dumbo 1 Kg /ekor ke atas biasanya digunakan pada kolam pemancingan yang berisi Lele dumbo.

Budi Daya Lele dumbo Untuk Tujuan Pembibitan:
Bibit lele dumbo yang baru menetas sudah bisa dijual kepada peternak lain

-Penyediaan Bibit Ukuran 2-3 cm, penjualan biasanya dilakukan pada usia 1 bulan. Pembesaran idealnya ditempatkan pada kolam lumpur atau sawah. Jika dilakukan di kolam terpal, hanya bisa menampung jumlah terbatas dan memerlukan makanan tambahan berupa pelet buatan pabrik.

-Penyediaan Bibit lele dumbo ukuran 5-7 cm, biasanya dipelihara oleh peternak sampai ukuran layak konsumsi.

Pemeliharaan Lele Dumbo Untuk Konsumsi
Pemeliharaan biasanya dilakukan mulai ukuran 5-7 cm atau lebih. Panen cepat dapat dilakukan dalam waktu 2 bulan dengan pemberian makanan yang ekstra dan optimal. Untuk mendapatkan ukuran lele dumbo yang lebih besar memerlukan waktu 3 sampai 4 bulan. Pemeliharaannya relatif lebih mudah karena ukuran lele yang besar lebih tahan terhadap penyakit, dan persentase hidup lebih tinggi.

Persiapan Pembuatan Kolam Terpal
Untuk membuat kolam terpal, yang perlu disiapkan meliputi lahan kolam, material terpal, dan persiapan perangkat pendukung. Lahan disesuaikan dengan keadaan dan jumlah lele yang akan dipelihara.

Untuk Pembesaran sampai tingkat konsumsi bisa digunakan lahan dengan ukuran 2 x 1x 0.6 meter, yang bisa diisi dengan 100 ekor lele dumbo ukuran 5-7 cm.

Model pembuatan kolam bisa dengan menggali tanah kemudian diberi terpal atau dengan membuat rangka dari kayu yang kemudian diberi terpal. Terpal lebih awet jika menggunakan cara yang pertama.

Kolam terpal diisi dengan air secukupnya saja. Juga Perlu disediakan rumpon atau semacam perlindungan untuk lele. Karena lele merupakan ikan yang senang bersembunyi di daerah yang tertutup. Untuk lele dumbo ukuran 5-7 cm bisa diisi air 40 cm, agar ikan tidak terlalu capek naik dan turun dasar kolam untuk mengambil oksigen. Seiring dengan bertambahnya usia, secara bertahap ukuran kedalaman air ditambah.

Pemberian pakan berupa pelet dilakukan sehari dua kali, lebih dari dua kali lebih bagus, tetapi dalam jumlah yang lebih sedikit. Jika ada, pakan alami seperti bekicot, kerang, keong emas, rayap dan lain-lain, bisa diberikan. Kandungan protein pakan alami tersebut tinggi, selain itu juga menghemat biaya produksi.

Air juga perlu diganti sekitar 10-30% setiap minggu untuk menghindari munculnya penyakit dan bau. Pada usia satu bulan pisahkan lele yang memiliki ukuran yang berbeda. Jika tidak, lele dengan ukuran kecil akan kalah bersaing dalam berebut makanan. Ikan yang terindikasi terserang penyakit juga perlu dipisahkan agar tidak menular.

__________________________________________________________________ __________________________________________________________________
Sedikit Tips Budidaya Lele Dumbo di Kolam Terpal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mistersunlearnto Writewellforever